July 15, 2013

Book Review#5 : The Murder Of King Tut

Judul asli : The Murder Of King Tut
Judul terjemahan : Pembunuhan Raja Tut
Pengarang : James Patterson & Martin Dugard
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 52.000,- (2013)
My rates : 8 of 10
Age : 18+
nah..udah sekian lama akhirnya bikin tulisan lagi..
ini buku bagus, karangan dari James Patterson (yang bikin seri Maximum Ride itu loh) dan Martin Dugard..ceritanya bagus, berlatar sejarah Mesir Kuno, soal Firaun Tuthankhamun yang terkenal itu..ceritanya punya tiga plot, plot jaman firaunnya, plot jaman penemuan makamnya oleh arkeolog Howard Carter sekitar taun 1920-an, dan plot situasi penulisan cerita yang ditokohin oleh James Patterson sendiri..
Kematian Raja Tut diyakini sebagai suatu konspirasi keji perebutan kekuasaan di Mesir kuno jaman itu..Tut adalah raja yang terpaksa naik tahta di usia sangat muda (sekitar 9 tahun..) dan akhirnya mati muda juga..si Tut ini sebenarnya anak dari selirnya Amenhotep IV..satu-satunya anak laki-laki yang dimiliki raja sebelumnya, soalnya dari permaisuri yang sah, Ratu Nefertiti, anaknya cewek-cewek smua..
Amenhotep digambarkan sebagai raja yang lemot, cuma maunya senang2 aja dengan gelar rajanya itu..hal ini menimbulkan rasa gak puas dari staff kerajaannya, terutama Perdana Menteri Aye dan Jendral Homreb..dan, dua orang ini punya ambisi buat jadi firaun selanjutnya..tapi ambisinya terhalangi, karna keberadaan Tuthankhamun..
Yang menarik dari buku ini adalah kita diajak menyelami tiga situasi sekaligus..Zaman Mesir Kuno dengan segala kemegahannya, kesulitan dan penderitaan penemu makam Tut, Howard Carter (perjuangan jadi arkeolog itu berat ternyata..), dan jalan pikiran pengarang buku ini, James Patterson, brain storming buat nyusun cerita sekaligus jadi detektif yang mengambil kesimpulan soal kebenaran dibalik kematian King Tut..
Buku ini layak dibaca..bagusnya sih buat 18 ke atas..soalnya ada sedikit unsur seks yang dimasukin James dalam penceritaannya..fakta (atau opini ?) mengenai kematian Tut membuat kita agak galau abis baca..betapa kekuasaan dan harta benda mampu membuat banyak orang (konspirasi soalnya) mengesampingkan nilai kehidupan..(karna bukan Tut aja yang mati dalam konspirasi perebutan kekuasaan Raja Mesir ini..)..

No comments:

Post a Comment

The Long Conversation With You

  “The worst part of holding the memories is not the pain. It's the loneliness of it..." - Lois Lowry Hi Mas, it's been a while...