October 14, 2019

Bisa via Gramedia Go!

“...What I say is, a town isn’t a town without a bookstore. It may call itself a town, but unless it’s got a bookstore, it knows it’s not foolin’ a soul...”
- Neil Gaiman -

Gea (@jurnalsibugot), kak Aya (@possesivereader), aku (@tsaniazr), dan Haris (@kanvaskata.books)
Sebagai orang yang ngakunya hobi membaca, saya masih keukeuh menjadi penikmat buku cetak. Meskipun badai buku digital melanda, tiada yang dapat menggantikan perasaan hangat nan menyenangkan saat membeli buku, membuka segel plastiknya, plus menyentuh lembaran-lembaran indah itu. Bau buku juga enak, belum lagi kisah-kisah di dalamnya. Enak untuk jiwa dan isi kepala. Tentunya berkunjung ke tempat yang banyak bukunya akan selalu menjadi pengalaman yang membahagiakan. Ada dua tempat utama perbukuan yang hampir dipastikan akan selalu membuat saya betah, yakni perpustakaan dan toko buku.

Toko Buku Gramedia adalah pusat perbukuan yang tidak pernah absen saya kunjungi di manapun berada. Saya yang melanglang buana kesana kemari karena urusan pendidikan dan pekerjaan, selalu mengusahakan diri untuk nongol di tempat ini, menatap indahnya buku-buku, trus ngiler, trus ingin memiliki. Nah, problem yang muncul seringnya adalah ketika buku yang diinginkan belum ada atau tidak tersedia di Gramedia yang didatangi, padahal sudah meluangkan waktu dan hasrat hati sudah menggebu (apalagi kalau nungguin buku yang berseri...ampuuunn). Mau melipir ke toko Gramedia yang lain pun belum tentu pasti ada waktunya. Problem lagi kalau Gramedianya cuma satu toko di daerahmu, hiks. Jadilah menatap nanar pada orang-orang yang sudah memiliki buku yang diinginkan dalam genggaman.

Lalu GRAMEDIA GO datang menyerang........

Suatu ketika (tepatnya 14 Oktober 2019...lah), saya diajak hadir di acara launching program GRAMEDIA GO bersama rekan-rekan pencinta buku yang lain. Berlokasi di Gramedia Pondok Indah Mall Jakarta Selatan (tinggal naik busway dari kosan), saya pun hadir di lokasi dan mendapatkan kesempatan mencoba GRAMEDIA GO yang kekinian ini. 

Jadi apa itu GRAMEDIA GO?




GRAMEDIA GO adalah program layanan terbaru dari toko buku Gramedia yang mempermudah pembaca untuk mendapatkan buku yang diinginkan. Misalnya begini: GRAMEDIA GO membantu si Oni yang ingin beli EAST OF EDEN-nya John Steinbeck ketika di Gramedia di salah satu lokasi di ibukota yang dia kunjungi tidak tersedia. GRAMEDIA GO akan membantu memesankan EAST OF EDEN dari stok utama penerbit Gramedia lalu mengantarkannya ke rumah si Oni. Si Oni nggak perlu lelah berkeliaran ke seantero Gramedia di DKI Jakarta demi mendapatkan EAST OF EDEN. 

Layanan ini disebut sebagai fitur Order from Store yang tersedia di GRAMEDIA GO. Fitur ini membantu mempermudah distribusi buku yang diinginkan pembaca di toko buku Gramedia. Senangnya, ini berlaku se-Indonesia, nggak hanya di wilayah Jabodetabek. Jadi, bila ada beberapa buku yang sulit ditemukan di toko buku Gramedia di daerah di luar Jawa misalnya, fitur Order from Store bisa digunakan ketika kamu ingin buku tertentu, tinggal lapor ke kakak-kakak petugas yang siap sedia di toko buku Gramedia yang dikunjungi di daerah masing-masing via perangkat gramedia.com, input alamat, bayar plus ongkir, tunggu di rumah. Stok pengiriman semuanya dari Jakarta Pusat.

Layanan kedua adalah Pick Up in Store, yang melayani pembeli dari situs gramedia.com yang ingin langsung jemput bukunya ke toko (problem pecinta buku yang sudah tidak sabar atau kebetulan lewat). Tinggal colek (eh) kakak petugas, lapor, bukunya dicariin, dan siap angkut. Tentunya jangan lupa dibayar sebelumnya yaaaaa.. (yaiyalah ferguso). Saat ini layanan Pick Up in Store baru tersedia di Gramedia Matraman (lagi-lagi tinggal naik busway dari kosan, asik ya jadi aku).

Kemudahan yang ditawarkan oleh GRAMEDIA GO akan menambah daftar panjang godaan bagi kaum perbukuan. Belum lagi diskon-diskonnya, duuh, godaan ini sungguh sulit. Bocorannya, layanan ini akan terus dioptimalkan dan dikembangkan semaksimal mungkin sehingga membuat para pembaca lebih mudah mendapat buku yang diinginkan dan jadi lebih bahagia (dan status waspada rekening). Layanan ini akan sangat membantu bagi teman-teman yang berada di wilayah dengan distribusi buku-buku terbatas di toko buku Gramedia di daerahnya. Harganya pakai harga pulau Jawa. Huhuhuhu, sebagai orang Sumatra, saya sempat merasakan perbedaan harga ini membuat nyeri dompet kala itu. Alhamdulillah ada solusinya.

Launching GRAMEDIA GO bareng pegiat perbukuan di jagat media sosial

Semoga GRAMEDIA GO dan toko buku Gramedia tetap konsisten memanjakan pembaca. Senang sekali bisa diajak ikut serta. Para pecinta buku tentunya akan terbantu. Yuk, kita berburu buku-buku seru.

PS: Problem ketika GRAMEDIA GO menyerang.....menyeimbangkan anggaran. Sip.

Special thanks to Gramedia.com and Gramedia Books for inviting me!!! 


“...You see, bookshops are dreams built of wood and paper. They are time travel and escape and knowledge and power. They are, simply put, the best of places...”
- Jen Campbell -

2 comments:

The Long Conversation With You

  “The worst part of holding the memories is not the pain. It's the loneliness of it..." - Lois Lowry Hi Mas, it's been a while...