August 28, 2019

Gadis Cuaca


"...Several years later, from a taxi, you will see someone in a doorway who looks like her, but she will be gone by the time you persuade the driver to stop. You will never see her again. 
Whenever it rains you will think of her..."
- Neil Gaiman -



Jakarta udah nggak hujan berbulan-bulan. Hampir tiga minggu berada di kota ini kembali, saya belum mencium lagi aroma nyaman petrichor dan rintik hujan. Yang ada malah saya yang badai internal, hujan deras sejadi-jadinya (skip, tidak penting, tidak berhubungan).

Suatu ketika, sebut saja namanya Tuti, teman kuliah saya, mengajak nonton sebuah film animasi Jepang berjudul WEATHERING WITH YOU (TENKI NO KO). Saya udah dengar kehebohan pilem ini, yang diajukan buat nominasi Oscar tahun 2020, dan tampaknya bikin adek saya terharu bersama teman-teman wibu/otakunya. WEATHERING WITH YOU adalah film animasi Jepang bikinan Makoto Shinkai yang sudah sukses bikin baper khalayak lewat film animasi sebelumnya, YOUR NAME (KIMI NO NAWA) di tahun 2016 (lagu-lagunya juga bagus).

WEATHERING WITH YOU juga menyodorkan sensasi baper yang mirip dengan YOUR NAME. Dikisahkan, abege 16 tahun bernama Hodaka Morishima kabur ke Tokyo karena nggak puas sama hidupnya yang menyesakkan. Tokyo dilanda hujan badai berkepanjangan di musim panas. Lalu Hodaka bertemu dengan om-om editor geje bernama Keisuke Suga dan kakak seksi bernama Natsumi. Bersama mereka, Hodaka menjalani hari-hari sebagai pencari berita mitos dan ramalan yang tidak masuk akal terkait kehidupan harian. Suatu ketika, Hodaka bertemu gadis bernama Hina Amano, yang ternyata mampu 'memanggil sinar mentari dan menghentikan hujan'.

Hodaka dan Hina bersama menjalankan bisnis gadis mentari. Memberi kebahagiaan bagi orang-orang yang butuh cuaca hangat musim panas di Tokyo berbadai yang tampaknya tiada usai. Namun, legenda berbenturan. Ada harga yang harus dibayar.

Tidak mau spoiler lebih lanjut, WEATHERING WITH YOU menyuguhkan animasi indah memanjakan mata dengan soundtrack  yang masuk di hati, meskipun saya tidak paham bahasa Jepang. Makoto Shinkai menghadirkan animasi bagi penggemar remaja dan dewasa yang membawa kehangatan dalam hujan badai yang disuguhkan. Seolah meyakinkan pemirsa, bahwa apapun akan dikorbankan, demi sebuah pilihan. Apalagi pilihan itu adalah keberadaan seseorang yang penting dalam hidup. Feel related? Yep, at some point. Kita akan merasakan keinginan untuk menjadi yang terpilih, apapun situasinya. Namun, kita harus siap menghadapi konsekuensi setelahnya.



Poin-poin menarik dalam film ini adalah saya menemukan novel legendaris CATCHER IN THE RYE dalam bacaan yang berserakan milik Hodaka. Novel bikinan JD Salinger tahun 1951 ini bisa jadi menginspirasi Hodaka untuk kabur, seperti Holden Caufield. Menariknya lagi, saya teringat novel lain, SEMUA IKAN DI LANGIT-nya Ziggy Z (2017). Hawa filosofis tentang hujan dan cuaca, fiksi ilmiahnya, fantasinya. Bagaimana kita dikejutkan dalam film ini bahwa langit mungkin punya semesta dan ekosistem tersendiri, dengan aturan yang tidak bisa kita paksa.

Keindahan WEATHERING WITH YOU dalam 114 menit yang menghangatkan, membawa ketenangan dan penerimaan. Setotal ini memang animator kelas dunia kalau bikin kisah. Tidak heran, film animasi Jepang tidak pernah sepi peminat. Mulai dari yang stand alone sampai yang berseri, semuanya punya penikmat setia. Tidak hanya dimanjakan dari segi visual, namun juga dari kedalaman kisah sederhana yang bisa membuat bahagia. Aspek komedi juga tetap ada di film ini, dalam sosok Nagi Amano-adik Hana yang playboy cilik yang benar-benar expert dalam urusan menarik hati gadis-gadis.

Recommended? Yep, highly recommended. Belum lagi nontonnya sangat tenang. Penonton sekitar memang menikmati dengan beradab. Hal yang agak mengganggu saya adalah volume sontreknya yang agak kekencengan bikin kaget. Selebihnya indah lah ya. Perlu diingat, film animasi ini bukan untuk anak-anak. Jangan menyamaratakan yaaa.

Well, tentunya masih menunggu hujan hadir di ibukota dan hujan berhenti di dalam saya (curhat lagi). Namun tampaknya, saya bukanlah gadis cuaca yang bisa mengatur hujan dan sinar mentari, terutama di dunia nyata. ^^

“...You are the sky. Everything else – it’s just the weather...”
- Pema Chödrön -

No comments:

Post a Comment

The Long Conversation With You

  “The worst part of holding the memories is not the pain. It's the loneliness of it..." - Lois Lowry Hi Mas, it's been a while...